Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) Masjid Nurul Agung Iman Berkualitas.

Taman Pendidikan Alqur’an atau yang lebih dikenal dengan TPA menjadi pondasi dasar dalam memahamkan seorang anak terkait pembelajaran Agama Islam.

TPA biasanya diadakan di Masjid atau Mushalla, seperti halnya di Masjid Agung Nurul Iman Kota Padang pun memiliki TPA seperti daerah lainnya. Namun ada sedikit perbedaan dengan TPA pada umumnya, yakni TPA Masjid Agung Nurul Iman tidak tergabung dengan Badan Kerjasama (BKS) TPQ-TQA yang modul pembelajaran mengacu pada modul yang diajarkan pada TPA yang tergabung dalam Badan Kerjasama (BKS) TPQ-TQA.

Menurut Kepala TPA Masjid Agung Nurul Iman, Buya H.M.Natsir Sikumbang ” dengan tidak bergabungnya TPA Masjid Agung Nurul Iman dengan Badan Kerjasama (BKS) TPQ-TQA Kota Padang, menandakan bahwa TPA Masjid Agung Nurul Iman mandiri secara pembelajaran.”

” saat ini, jumlah santri kita ada 150 orang santri dengan delapan orang guru pendidik, kita menggunakan modul dan model sedikit berbeda dengan TPA pada umunya, seperti adanya sinergi pendidikan antara TPA dan orang tua dalam mengawasi santri, serta yang menjadi objek didikan kita bukan hanya santri, namun orang tuanya haruslah ikut serta dalam pembelajaran sebagai contoh dari santri tersebut. Jika anak di TPA kita suruh sholat, maka TPA juga mengingatkan pada orang tua untuk mengerjakan sholat”. tambah buya Natsir

Didikan shubuh biasanya diadakan setiap Ahad pagi, namun TPA Masjid Agung Nurul Iman diadakan setiap satu kali dalam sebulan. Dalam rangkaian didikan shubuh itu, dilakukan juga evaluasi terhadap perkembangan santri, baik dari mata pelajaran TPA, dan kegiatan akhlak serta sholat dilingkungan keluarga bersama orang tua santri bersangkutan.

Penerimaan Santri Masjid Agung Nurul Iman dilakukan sekali dalam setahun, tepatnya lima hari dalam bulan Ramadhan, dan akan diumumkan pada awal bulan Ramadhan.

Kualitas TPA Masjid Agung Nurul Iman tak perlu diragukan lagi, dengan guru yang berkualitas serta prosedur pembelajaran yang termenajemen dengan baik, membuat TPA Masjid Agung Nurul Iman diminati oleh banyak santri, ini terbukti dengan kehadiran santri yang berasal dari seluruh kecamatan di Kota Padang kecuali Bungus yang jaraknya terlalu jauh.

  • Add Your Comment