Petunjuk Terbaik Bagi Manusia Adalah Al-Qur’an.


وَلَقَدْ جِئْنَاهُمْ بِكِتَابٍ فَصَّلْنَاهُ عَلَىٰ عِلْمٍ هُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al-Qur’an) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”. [al-A’râf/7:52].

Tidak ada petunjuk yang terbaik bagi kehidupan manusia selain Al-Qur’an, karena yang terkandung didalam Al-Qur’an sudah mencakup seluruh aturan hidup manusia, baik aturan pergaulan sesama manusia, dan kepada makhluk Allah yang lainnya.

Al-Qur’an diperuntukkan untuk seluruh manusia yang beriman kepada Allah SWT, yang meyakini bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang wajib disembah tanpa menduakannya.

Al-Qur’an juga memberi petunjuk bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari, mulai dari bernegara, hukum, dan sosial lainnya sudah diatur didalam Al-Qur’an. Tinggal manusia itu sendiri, mau apa tidak untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk dalam mengarungi kehidupannya.

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ

“Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus ….[al-Isrâ`/17:9]

Sesungguhnya, sudah jelas dalam Al-Qur’an Allah SWT mengarahkan manusia untuk mengikuti petunjukNya dengan mempedomani Al-Qur’an sebagai pedoman keselematan didunia dan akhirat.

  • Add Your Comment