Setiap Kesulitan Pasti ada Kemudahan.

PADANG. Setiap kita pasti pernah menghadapi masalah yang begitu pelik , solusi yang dicari pun tak kita dapati. Ikhtiar sudah dilakukan, yang tinggal hanya tawakkal.

Namun disetiap kesulitan pasti ada kemudahan, karena Allah SWT berfirman.
,فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
(QS. Al-Insyirah: 5)

Ayat ini pun diulang setelah itu,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
(QS. Al-Insyirah: 6).

Ayat ini diperuntukkan bagi kita yang paham bahwa Allah SWT pasti akan menolong hambanya, karena sudah pasti disetiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Kemudahan disini berarti jalan keluar dari permasalahan tersebut, bisa juga diartikan bahwa dengan adanya ujian dari Allah SWT, Allah SWT hendak mengangkat derajat kita sebagai hambaNya yang beriman dengan ganjaran surga diakhirat kelak.

Untuk itu, sebagai umat islam kita tidak sepantasnya berputus asa dari rahmat Allah ketika ditimpa suatu kesulitan, bisa jadi pahala yang besar menanti diujung perjalanan hidup kita.

Berprasangka baik kepada Allah dan senantiasa ikhtiar mencari solusi menjadi sarana peningkatan iman, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam sebuah hadits qudsi.

Sesungguhnya Allah berfirman: “Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku.” [HR. Muslim 4832, 4851; Tirmidzi 3527, Ahmad 7115]

  • Add Your Comment