Menandai Kembalinya Hagia Shopia Menjadi Masjid, Turki terbitkan 10 Juta Koin (1 Lira Turki).

1 Lira Turki bergambar Masjid Hagia Shopia

PADANG. Setelah 86 tahun Hagia Shopia menjadi Museum tepat pada 24 juli 2020 sholat jum’at pertama menandai Hagia Shopia difungsikan kembali menjadi masjid. Tidak hanya itu pemerintah Turki juga menerbitkan koin sebanyak 10 juta koin dengan nominal pecahan 1 Lita Turki.

Kembalinya Hagia Shopia menjadi masjid seperti Oase bagi umat islam yang terhina dan tertindas dimana-mana. Hagia Shopia simbol kebangkitan dan kemenangan umat islam diseluruh dunia.

Hagia Shopia juga menjadi simbol kembalinya islam setelah lama bergelimang dalam peradaban serta aturan sekularisme semenjak penguasa terakhir kekhalifahan Turki Ustmani Sultan Mahmet VI pada tahun 1923 M yang mengubah sistem kekhalifahan menjadi sistem Republik yang sekular di Turki oleh Mustafa Kemal Attarturk.

Dibawah kepemimpinan Presiden Erdogan cahaya islam yang selama ini mulai meredup kembali hidup.”Kebangkitan Hagia adalah kehendak umat islam dari seluruh dunia untuk keluar dari masa-masa kehampaan. Kebangkitan Hagia Shopia adalah kobaran harapan tak hanya untuk umat islam tetapi juga dari masyarakat yang tertindas, korban perang, dan penjajahan. Kebangkitan Hagia Shopia adalah pertanda pembebasan Masjid Al-Aqso” Ujar Erdogan.

Setelah mengembalikan Hagia Shopia menjadi masjid, pemerintah Turki menerbitkan 10 juta koin nominal 1 lira dengan gambar angka satu menandakan nilai uang 1 lira dan gambar Masjid Hagia Shopia disisi lainnya yang menandakan kembalinya Hagia Shopia sebagai masjid dimana dahulunya telah dibebaskan oleh Muhammad Al fatih.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لَتُفتَحنَّ القُسطنطينيةُ ولنِعمَ الأميرُ أميرُها ولنعم الجيشُ ذلك الجيشُ

Sesungguhnya akan dibuka kota Konstantinopel, sebaik-baik pemimpin adalah yang memimpin saat itu, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan perang saat itu“.

  • Add Your Comment